Keutamaan Sholat Dhuha - Mas Ammar

Latest

Mas Ammar Sharing Tips dan Informasi

Iklan atas

Monday, November 26, 2018

Keutamaan Sholat Dhuha

Assallamualaikum Wr Wb

Selamat datang di blog saya, pada tulisan ini saya akan berbagi dan pengalaman hidup saya sehari hari. Salah satunya adalah soal ibadah sholat sunah dhuha. Saya tidak hafal dengan hadits atau riwayat tentang sholat dhuha akan tetapi bagi saya sholat dhuha itu mempunyai nilai tersendiri. Banyak para Ulama, Kiai, Ustadz, Orang tua yang mengajarkan kita untuk sholat dhuha dulu sebelum bekerja. 

Saya akan berbagi cerita mengenai sholat dhuha dan semoga tidak menjadi diri saya sombong. Dengan mengamalkan sholat dhuha banyak sekali kemudahan yang bisa kita dapat, rejeki hari itu mungkin tidak berupa uang akan tetapi bisa berbentuk kemudahan dan kelancaran dalam bekerja, ada beberapa pengalaman pribadi saya contohnya :
  • pas kita gak bawa uang eh ada temen yang nraktir kita makan, pernah dalam sehari saya gak mengeluarkan uang sepeserpun untuk makan.

  • Pas kita ada kerjaan alhamdulillah dimudahkan entah yang tadinya sulit ada ada aja kemudahan yang datang.

  • Pas gak punya uang tiba tiba istri dapat rejeki berupa uang dari hasil dia mengawasi ujian, kebetulan istri saya seorang pengajar di salah satu lembaga pendidikan di kota Magelang.

  • Pernah suatu saat berhubung istri saya melahirkan sesar dari anak pertama dan anak kedua, pada waktu mau kontrol melepas bekas jahitan ehh kok tiba tiba di panggil dokter untuk datang ke salah satu rumah sakit kelas A di Jogja. Dan Alhamdulillahnya saya dan istri dibebaskan dari biaya. Subhanallah

Saya pribadi tidak akan menjelaskan bagaimana tata cara sholat dhuha itu sendiri. Saya anggap temen temen lebih baik daripada saya. Sebagai manusia sudah tentu kewajiban kita untuk saling mengingatkan.

Niat Sholat Dhuha :  

"Usholli Sunnatadh Dhuhaa Rak’ataini Mustaqbilal Qiblati Adaa’an lillaahi Ta’aalaa"

Waktu Sholat Dhuha :

"Waktu pelaksanaan shalat dhuha adalah sejak matahari naik hingga condong ke barat. Artinya, di Indonesia, waktu shalat dhuha terbentang selama beberapa jam sejak 20 menit setelah matahari terbit hingga 15 menit sebelum masuk waktu dhuhur. Waktu yang lebih utama adalah seperempat siang. Atau lebih tepatnya sekitar pukul 07.00 WIB sampai sebelum jam 12.00 WIB. Namun, lebih baiknya jika dilaksanakan sekitar pukul 08. 00 sampai dengan 10.00 WIB pagi." 
Sumber : Sumber

Jumlah Rakaat :

Sholat dhuha dikerjakan dua rakaat salam – dua rakaat salam. Adapun jumlah rakaatnya, minimal dua rakaat. Rasulullah kadang mengerjakan sholat dhuha empat rakaat, kadang delapan rakaat. Namun sebagian ulama tidak membatasi. Ada yang mengatakan 12 rakaat, ada yang yang mengatakan bisa lebih banyak lagi hingga waktu dhuha habis.

Doa sesudah sholat Dhuha :

ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.

Semoga dengan tulisan ini dapat menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah.

Salam
Ammar Ma`ruf Achmad Iman Saputra
Sragen 26 November 2018





No comments:

Post a Comment